Laman

Friday, May 10, 2013

Ini Strategi Firefox Jungkalkan Android dan iOS

Berita dan Informasi Terbaru berbagi informasi tentang "Ini Strategi Firefox Jungkalkan Android dan iOS". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Ini Strategi Firefox Jungkalkan Android dan iOS" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Ini Strategi Firefox Jungkalkan Android dan iOS

 

VIVAnews - Browser Mozilla optimistis akan menjadi pesaing sistem operasi mobile terpopuler, OS Android dan iOS.

Salah satu strategi yang ditempuh adalah menghadirkan sistem operasi mobile Firefox pada ponsel-ponsel premium alias kelas atas. Sebelumnya, perusahaan browser ini sudah mengumumkan akan menghadirkan sistem operasi mobile pada perangkat entry-level.

Dilansir Computerworld, 10 Mei 2013, Sony disebut-sebut akan menjadi mitra pertama Mozilla yang akan mengadopsi OS Firefox.

"Sony dikenal dengan kualitas dan pengalaman pengguna. Jadi, mereka membidik perangkat premium. Kami masih berdiskusi membicarakan jenis perangkat dan apa produknya," kata Gong Li, Wakil Presiden Senior Mozilla untuk perangkat mobile.

Mozilla, kata Gong, juga tak berhenti pada Sony saja. Perusahaan ini juga sedang menjalin pembicaraan dengan vendor lain untuk menghadirkan sistem operasi Firefox mobile pada ponsel premium.

"Perangkat low-end adalah titik yang baik untuk masuk ke pasar. Tapi, itu tidak berarti kami tidak bisa meningkatkan skala. Kami ingin, tapi ekosistem butuh waktu untuk berkembang," katanya.

Sindir Google

Mozilla sudah mendapat dukungan kekuatan untuk bersaing dengan Android dan iOS.

Produsen ponsel seperti Sony, LG, ZTE, Huawei, dan Alcatel sedang meracik sistem operasi Firefox untuk ponsel mereka. Gong menambahkan, 18 operator telekomunikasi juga menyatakan siap mendukung sistem operasi itu.

"Saya katakan pada Anda, akan muncul sistem operasi mobile ketiga di dunia, dan itu adalah kami," tutur Gong optimis.

"Mengapa? Karena kami adalah satu-satunya perusahaan yang mengambil pendekatan murni. Kami sepenuhnya terbuka. Tidak hanya open source, tapi proses yang terbuka. Tak ada harga, tak masalah," ujarnya.

Ungkapan itu seolah menyindir strategi Google dalam memasarkan Android. Menurut Gong, Google mengklaim Android sebagai sistem operasi terbuka (open source). Tapi, sebenarnya Android dan versi selanjutnya belum sepenuhnya terbuka untuk operator dan vendor perangkat.

"Tapi, suka atau tidak suka, mereka harus menerimanya," ujar Gong.

"Orang-orang menunggu kami (OS Firefox), karena kami benar-benar transparan. Semua produk, roadmap, pengiriman, pengaturan fitur, bug (celah), perbaikan, semuanya terbuka," katanya.

Sementara analis meragukan sesumbar Mozilla bisa mengubah peta persaingan sistem operasi. Belum lagi, Firefox harus bersaing dengan sistem operasi anyar mobile, Ubuntu dan Tizen, yang akan digunakan Samsung.

Tapi, Gong mengaku tak peduli. Selain didukung industri dan vendor, dia yakin bahasa pemrograman sistem operasi Firefox memudahkan pengembangan aplikasi.

Bahkan, disebutkan generasi pertama ponsel Firefox akan menjamin performa setara dengan ponsel canggih milik kompetitor, tapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Sony berkomitmen untuk meluncurkan ponsel Firefox pertamanya pada tahun 2014. (eh)

Sumber: teknologi.vivanews.com/news/read/411808-ini-strategi-firefox-jungkalkan-android-dan-ios




Semoga informasi tentang "Ini Strategi Firefox Jungkalkan Android dan iOS" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment