Laman

Tuesday, July 2, 2013

Lelang Kotak Suara Pemilu 2014 Segera Dibuka

Berita dan Informasi Terbaru berbagi informasi tentang "Lelang Kotak Suara Pemilu 2014 Segera Dibuka". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Lelang Kotak Suara Pemilu 2014 Segera Dibuka" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Lelang Kotak Suara Pemilu 2014 Segera Dibuka

TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan segera membuka tender lelang pengadaan logistik keperluan Tempat Pemungutan Suara (TPS), seperti bilik dan kotak suara. "Targetnya, kalau sesuai jadwal yang kami bikin, bulan ini lelang sudah dibuka," kata Kepala Biro Logistik KPU Boradi saat ditemui, Senin, 1 Juli 2013.

Komisi memilih logistik dari barang-barang sekali pakai. KPU rencananya membuat bilik suara dari karton dan kotak suara dari plastik. Pertimbangannya, kata Barodi, materi sekali pakai dinilai lebih murah. Selain itu, KPU juga tak punya dana perawatan serta gudang penyimpanan. "Karena itu, Komisi lebih memilih bahan sekali pakai," ujarnya.

Tak semua daerah membutuhkan kotak dan bilik suara. Dari kebutuhan 2,2 juta kotak dan bilik suara, sebagian besar sudah terpenuhi. Barang-barang Pemilu 2009 lalu masih bisa digunakan untuk Pemilu 2014 mendatang. "Kebutuhannya hanya sekitar 500 ribu. Sisanya pakai barang lama," ujar Boradi.

Harga satuan kotak suara diperkirakan Rp 200 ribu. Harga itu bisa naik maupun turun, bergantung lokasi pengadaan. Harga sudah termasuk ongkos distribusi. Sementara satuan bilik suara dipatok sekitar Rp 50-75 ribu. Setiap TPS akan ditempatkan empat kotak suara dan juga empat bilik suara.

Paket-paket pengadaan, kata Boradi, akan disebar di KPU tingkat provinsi. Tender akan dibuka di sana karena kebutuhan tiap provinsi berbeda-beda, KPU pusat tak bisa menghitung total pagu anggaran yang disiapkan untuk pengadaan bilik dan kotak suara. "Belum kami rekapitulasi kebutuhan anggaran tiap daerah," katanya.

Boradi mengatakan pembahasan naskah aturan pengadaan logistik sudah rampung di tingkat internal KPU. Selanjutnya, aturan yang berisi tentang cara pengadaan dan ketentuan materi barang akan dibawa ke Dewan Perwakilan Rakyat untuk dikonsultasikan.

ANANDA BADUDU

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/07/02/078492815/Lelang-Kotak-Suara-Pemilu-2014-Segera-Dibuka

Semoga informasi tentang "Lelang Kotak Suara Pemilu 2014 Segera Dibuka" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment