Laman

Monday, July 15, 2013

Buru Napi Tanjung Gusta, Poldasu Gandeng Densus 88

Berita dan Informasi Terbaru berbagi informasi tentang "Buru Napi Tanjung Gusta, Poldasu Gandeng Densus 88". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Buru Napi Tanjung Gusta, Poldasu Gandeng Densus 88" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Buru Napi Tanjung Gusta, Poldasu Gandeng Densus 88

VIVAnews - Kepolisian Daerah Sumatera Utara belum berhasil menangkap kembali ratusan narapidana Lapas Tanjung Gusta, Medan yang kabur. Poldasu juga menggandeng kepolisian daerah tetangga, dan Densus 88 anti teror guna memburu tahanan yang masih berkeliaran.

"Kita bekerjasama dengan Polda NAD, Riau, Sumbar untuk memburu tahanan yang masih terus berkeliaran. Razia juga akan digelar disejumlah daerah di Sumut dan menjaga ketat wilayah perbatasan perbatasan," Kata Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Raden Heru Prakoso, Senin 15 Juli 2013.

Menurutnya, langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi pelarian yang semakin jauh dan bahkan keluar dari wilayah Sumut.

117 tahanan yang masih belum ditemukan, empat diantaranya adalah napi kasus terorisme yang pernah melakukan perampokan Bank CIMB Niaga di Medan beberapa tahun silam. Itulah alasannya Polda Sumut juga meminta bantuan tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri.

"Saat pintu lapas jebol saat kerusuhan, sembilan teroris berhasil kabur, tetapi lima diantaranya sudah ditangkap kembali," katanya.

"Sisanya tinggal empat orang. Untuk itu kami (Poldasu) dibantu tim Detasemen 88 Anti Teror (AT) untuk tahanan teroris."

Kerusuhan yang berujung pembakaran Lapas Tanjung Gusta pecah 11 juli, lalu. Kejadian ini merenggut 5 korban jiwa. Diduga, pemicunya kemarahan ribuan warga binaan akibat padamnya listrik sejak subuh hingga malam. Akibat pemadaman itu, ribuan napi kesulitan mendapatkan air bersih seharian. Pasalnya, air di lapas berasal dari sumur pompa yang pastinya membutuhkan listrik.

Sebenarnya, pemicu kemarahan itu bukan kali ini saja. Sejak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) napi juga mengeluhkan seringnya pemadaman listrik. Saat pecah kerusuhan, ratusan napi kabur setelah menjebol pintu lapas. Mereka yang belum sempat keluar lalu mengamuk, dan membakar ruang kantor di bagian depan lapas.

Semoga informasi tentang "Buru Napi Tanjung Gusta, Poldasu Gandeng Densus 88" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment