Laman

Tuesday, July 2, 2013

Ribuan Guru Dilatih Kurikulum 2013

Berita dan Informasi Terbaru berbagi informasi tentang "Ribuan Guru Dilatih Kurikulum 2013". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Ribuan Guru Dilatih Kurikulum 2013" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Ribuan Guru Dilatih Kurikulum 2013

TEMPO.CO, Bandung -Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) segera melatih 2.152 guru Sekolah Dasar se-Jawa Barat untuk menerapkan kurikulum baru 2013. Pelatihan dilakukan secara bertahap dalam dua periode, yaitu 4-8 Juli dan 9-13 Juli 2013. Tempat pelatihan sebagian besar di hotel.

Kepala LPMP Jawa Barat Totoh Santosa mengatakan, pelatihan kurikulum baru tahap pertama pada 4-8 Juli ditujukan ke para guru inti. Jumlahnya yang ditunjuk pemerintah sebanyak 183 orang. Mereka akan dilatih mengajar oleh instruktur nasional yang baru dilatih pada 29 Juni-3 Juli 2013. "Guru inti yang dinyatakan lulus  bisa melatih rekannya atau guru sasaran," kata Totoh kepada Tempo, Selasa, 2 Juli 2013.

Jumlah guru sasaran yang akan dilatih mengajar kurikulum baru di Jawa Barat sebanyak 1.895 orang. Mereka adalah guru kelas 1 sampai 4 yang mengajar di 257 sekolah dasar negeri. Sekolah tersebut telah ditetapkan pemerintah untuk memulai kurikulum baru karena dinilai telah siap, misalnya dari segi fasilitas sekolah dan kualitas mengajar para gurunya. "Yang dilatih para guru SD dari sekolah negeri bekas RSBI (rintisan sekolah bertaraf internasional)," ujarnya.

Pelatihan guru inti sebanyak 183 orang akan dilakukan di kantor LPMP Jawa Barat. Sedangkan pelatihan 1.895 orang guru sasaran kebanyakan bertempat di hotel. Menurut Totoh, pihaknya sudah menyiapkan 9 hotel sebagai tempat pelatihan sekaligus akomodasi, yaitu di Cipanas Kabupaten Cianjur, Ciater Kabupaten Subang, Lembang, dan mayoritas hotel-hotel di Kota Bandung. "Pelatihan guru ini gratis karena ditanggung APBN," ujarnya.

Biaya akomodasi di hotel bagi setiap guru dianggarkan Rp 250 ribu per orang per hari. Selain itu, tiap guru juga akan mendapat uang harian Rp 35 ribu selama 5 hari pelatihan, ditambah ongkos pulang pergi. Selesai pelatihan, kata Totoh, para guru SD  akan langsung menerapkan kurikulum baru.

Pada tahun ajaran baru 2013-2014, sekolah akan dimulai 15 Juli 2013. "Tidak mepet banget waktunya, kan biasanya di sekolah tidak langsung belajar sampai hari ketiga," katanya. Khusus bagi guru hasil pelatihan yang kemampuannya dinilai masih kurang,  akan dibantu instruktur atau guru inti di kelas.

Kurikulum baru sekolah dasar punya 3 target sasaran, yaitu siswa mendapat pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang baik. Materi pembelajaran akan mengandalkan kreativitas guru gelas untuk menggabungkan semua mata pelajaran. "Misalnya pelajaran matematika yang dibuka dengan nyanyian," katanya.

ANWAR SISWADI


Semoga informasi tentang "Ribuan Guru Dilatih Kurikulum 2013" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment