Laman

Tuesday, July 2, 2013

Gerah Soal Kasus Nazaruddin, Ini Kata Demokrat

Berita dan Informasi Terbaru berbagi informasi tentang "Gerah Soal Kasus Nazaruddin, Ini Kata Demokrat". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Gerah Soal Kasus Nazaruddin, Ini Kata Demokrat" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Gerah Soal Kasus Nazaruddin, Ini Kata Demokrat

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Harian Partai Demokrat, Syarifuddin Hasan, membantah mangkraknya penanganan kasus eks Bendahara Umum Demokrat Muhammad Nazaruddin menguntungkan partainya "Jangan kaitkan lagi dengan kami," katanya saat dihubungi, Selasa, 2 Juli 2013.

Syarif menolak jika partainya disebut menginginkan penanganan perkara Nazaruddin mangkrak. Menurut dia, tak ada upaya Demokrat untuk membuat penyidikan kasus-kasus terpidana Wisma Atlet itu agar berhenti. "Itu bukan ranah kami," ujarnya.

Sebelumnya, peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada, Hifdzil Alim, menilai mangkraknya penanganan kasus Muhammad Nazaruddin di Kejaksaan Agung dan Markas Besar Kepolisian menguntungkan Partai Demokrat.

Soalnya, selama ini kasus bekas Bendahara Umum Demokrat tersebut banyak menyeret rekan separtainya. "Tentunya ini akan menguntungkan mereka," kata Hifdzil saat dihubungi Tempo lewat sambungan telepon, Selasa, 2 Juli 2013.

Hifdzil menduga lambatnya penanganan kasus Nazar bisa jadi diinginkan para politikus Demokrat. Soalnya, ini akan membuat citra mereka terjaga, terlebih menjelang Pemilu 2014. "Yang paling penting bagi partai adalah menjaga citra," ucapnya.

Kepolisian dan Kejaksaan berupaya menangani kasus yang melibatkan Nazaruddin. Padahal kasus itu sedang diselidiki oleh komisi antikorupsi. Dokumen yang diperoleh Tempo menyebutkan ada 13 kasus Nazaruddin yang sedang diselidiki KPK yang kemudian disidik Kejaksaan Agung.

Kasus tersebut antara lain, pengadaan pesawat latih milik Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia di Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, dan pengadaan peralatan laboratorium untuk madrasah. Sedangkan di kepolisian, ada dua kasus yang sudah sampai tingkat penyidikan. "Kasus-kasus itu kini mangkrak," kata sumber Tempo.

Hifdzil menduga dua kemungkinan yang membuat lambatnya penanganan kasus ini. Pertama, karena memang Kepolisian dan Kejaksaan kesulitan penyidik kasus tersebut. Dan kemungkinan kedua adalah mereka tak mau mengusutnya. "Mereka masuk angin," ujarnya.

NUR ALFIYAH

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2013/07/02/063492816/Gerah-Soal-Kasus-Nazaruddin-Ini-Kata-Demokrat

Semoga informasi tentang "Gerah Soal Kasus Nazaruddin, Ini Kata Demokrat" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment