Laman

Saturday, June 8, 2013

Presiden SBY Sambangi Kapal Greenpeace, Rainbow Warrior

Berita dan Informasi Terbaru berbagi informasi tentang "Presiden SBY Sambangi Kapal Greenpeace, Rainbow Warrior". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Presiden SBY Sambangi Kapal Greenpeace, Rainbow Warrior" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Presiden SBY Sambangi Kapal Greenpeace, Rainbow Warrior

VIVAnews – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat 7 Juni 2013, akan menyambangi kapal Rainbow Warrior milik Greenpeace, lembaga swadaya masyarakat internasional yang bergerak di bidang lingkungan hidup. Rainbow Warrior berlabuh ke Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis kemarin.

Berdasarkan informasi dari Biro Pers Istana, kunjungan Presiden ke kapal itu akan dilakukan pukul 09.00 pagi ini. SBY juga akan didampingi beberapa menterinya. Rainbow Warrior sendiri sebelumnya telah merapat di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Jumat pekan lalu 31 Mei 2013.

Kapal ini merapat ke Indonesia dengan membawa misi utama mengkampanyekan pelestarian hayati di laut dan daratan Indonesia. Selain Jakarta dan Bali, Rainbow Warrior juga mampir ke sejumlah kota di Papua, yakni Jayapura, Manokwari, dan Raja Ampat.

Rainbow Warrior adalah salah satu nama untuk seri kapal-kapal laut yang dioperasikan oleh Greenpeace. Kapal pertama LSM internasional itu ditenggelamkan oleh dinas rahasia Perancis di pelabuhan Auckland, Selandia Baru, 10 Juli 1985. Saat itu aktivis Greenpeace mendapat teror besar-besaran karena menentang percobaan nuklir Perancis yang dilakukan di Pulau Muroroa, Polinesia.

Nama Rainbow Warrior sendiri mulai digunakan sejak 1989. Rainbow Warrior merupakan satu dari tiga buah kapal yang digunakan Greenpeace untuk menjalankan aksinya menentang perusakan lingkungan saat ini. Dua kapal lainnya, Arctic Sunrise dan Esperanza, beraksi di belahan bumi utara hingga ke kutub.

Rainbow Warrior yang merapat ke Indonesia saat ini merupakan kapal generasi ketiga setelah kapal keduanya memasuki masa pensiun pada tahun 2011. Rainbow Warrior ketiga ini merupakan kapal yang paling ramah lingkungan karena hanya 10 persen menggunakan tenaga mesin, sementara sisanya digerakkan oleh layar yang mengandalkan pergerakan angin.

Semoga informasi tentang "Presiden SBY Sambangi Kapal Greenpeace, Rainbow Warrior" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment