Laman

Monday, June 17, 2013

Ini Alasan Fraksi Penolak Kenaikan Harga BBM

Berita dan Informasi Terbaru berbagi informasi tentang "Ini Alasan Fraksi Penolak Kenaikan Harga BBM". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Ini Alasan Fraksi Penolak Kenaikan Harga BBM" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Ini Alasan Fraksi Penolak Kenaikan Harga BBM

TEMPO.CO, Jakarta - Empat Fraksi menyatakan menolak Rancangan Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN Perubahan) 2013. Empat fraksi yang dimaksud yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Hati Nurani Rakyat dan Partai Gerindra.

Sore tadi, forum lobi DPR menyepakati persetujuan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Perubahan melalui mekanisme pemungutan suara (voting). Opsinya menerima RUU tentang perubahan UU no 19 tahun 2012 tentang APBN 2012 atau menolak. Sebelum voting, tiap fraksi terlebih dulu mengutarakan alasannya menolak atau menerima.

Fraksi Partai Gerindra menyoroti postur RAPBN Perubahan yang tidak berkonsentrasi untuk pembangunan infrastruktur pedesaan dan pemenuhan angkutan gratis untuk masyarakat. Melainkan sekedar fokus pada bagi-bagi uang untuk orang miskin.

Fraksi ini juga mempertanyakan wacana pengembangan energi baru dan terbarukan yang disampaikan saban pembahasan APBN. "Pemerintah tak pernah serius, pemerintah ambil enak saja mengimpor BBM dari luar negeri," kata perwakilan fraksi Gerindra, Ahmad Muzani.

Bahkan, ia menambahkan, lifting minyak justru turun dari 900 juta kiloliter menjadi 840 juta kiloliter. "Ini cara berpikir ironis pada pemenuhan energi. Karena banyak pemikiran yang belum diakomodasi, Gerindra menolak," ucapnya, menambahkan.

Adapun Fraksi Partai PDI Perjuangan menyatakan ragu terhadap kebijakan fiskal pemerintah, lantaran di dalamnya ada substansi kenaikan harga BBM dan bantuan sosial yang dinilai tak berdampak positif bagi pengentasan kemiskinan. Fraksi ini juga menyoroti inflasi yang terjadi jika postur ini disetujui. Fraksi PDI Perjuangan menyatakan sanggup membuat APBN Perubahan tanpa kenaikan harga BBM dan defisit anggaran tetap aman.

MARTHA THERTINA


Semoga informasi tentang "Ini Alasan Fraksi Penolak Kenaikan Harga BBM" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment