Laman

Monday, June 17, 2013

Gaduh, Mahasiswa Digiring Keluar Ruang Paripurna

Berita dan Informasi Terbaru berbagi informasi tentang "Gaduh, Mahasiswa Digiring Keluar Ruang Paripurna". Informasi tersebut dikumpulkan dari sumber yang disebutkan di bawah artikel. Info tentang "Gaduh, Mahasiswa Digiring Keluar Ruang Paripurna" layak Anda baca baik sebagai infomasi maupun penambah pengetahuan Anda.

Gaduh, Mahasiswa Digiring Keluar Ruang Paripurna

Sejumlah anggota elemen buruh turut mengikuti Rapat Paripurna DPR RI yang beragendakan pengesahan RUU APBN Perubahan 2013, Senin (17/6/2013). | Sabrina Asril


JAKARTA, KOMPAS.com — Belasan mahasiswa dan belasan buruh terpaksa diamankan oleh Pamdal Gedung DPR karena dianggap mengganggu ketertiban jalannya rapat paripurna pengesahan RUU APBN Perubahan 2013, Senin (17/6/2013) malam. Proses pengamanan sempat membuat rapat paripurna berhenti selama beberapa menit.

Kejadian bermula saat Ketua DPR RI Marzuki Alie tengah menghitung perolehan suara hasil voting atau pemungutan suara pengesahan RUU APBN Perubahan 2013. Belasan mahasiswa yang setia mengikuti jalannya rapat mendadak berdiri dan saling berangkulan saat Marzuki membacakan hasil voting.

Sikap para mahasiswa itu mengundang perhatian Pamdal yang secara perlahan mulai mendekat untuk mengawal. Namun ricuh tak terhindarkan saat jumlah Pamdal yang mengawal para mahasiswa semakin banyak.

Para mahasiswa yang mengenakan jaket almamater berwarna kuning itu beberapa kali berteriak menolak hasil voting yang dianggap memiliki kaitan dengan rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi (BBM). Saat itulah, beberapa Pamdal mengambil sikap lebih tegas dengan mencoba menggiring para mahasiswa keluar dari balkon ruang rapat paripurna.

Sadar ada kegaduhan, belasan buruh dari FSPMI yang mengikuti rapat paripurna di sudut berbeda mencoba membela para mahasiswa. Para buruh meminta Pamdal tidak represif dalam menjalankan tugasnya.

Khawatir kondisi yang terus memanas, Marzuki Alie ikut memberi imbauan agar Pamdal tidak represif dalam menertibkan para mahasiswa. Ia menyarankan agar mahasiswa yang dianggap mengganggu untuk digiring keluar dengan cara yang baik.

"Tolong Pamdal jangan dipukul, itu mahasiswa anak-anak kita juga," kata Marzuki.

Untuk diketahui, rapat paripurna pengesahan APBNP 2013 telah usai. Hasil voting menyatakan 338 anggota dari lima fraksi mendukung APBN-P disahkan, dan 181 anggota dari empat fraksi menolak.

 

Semoga informasi tentang "Gaduh, Mahasiswa Digiring Keluar Ruang Paripurna" di atas bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment